Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis, dan Cara Merawatnya

2 min read

Pengertian Hardware, Jenis, Fungsi, dan Cara Merawat

Apa itu hardware dan bagaimana pengertian hardware? Bagi sobat yang baru dalam dunia komputer, diawal perkenalan pastinya dikenalkan oleh dua istilah ini. Lantas apa perbedaan antara hardware dan software.

Beruntungnya, pada kesempatan kali ini sobat akan mengetahui seluk belum hardware mulai dari pengertian, fungsi, dan jenisnya.

Secara sederhaana, pengertian hardware adalah perangkat keras komputer yang bisa diliat oleh mata dan bisa dipegang. Sehingga tidak membutuhkan alat khusus untuk mengetahui atau membedakannya.

Faktanya hardware tidak rumit seperti yang dibayangkan. Untuk memudahkan dalam mempelajarinya, kami telah menyajikan beberapa topik yang berguna.

Jenis-Jenis Hardware

Pengertian Hardware, Jenis, Fungsi, dan Cara Merawat

Kini sobat sudah mengetahui apa itu hardware. Pada dasarnya perangkat keras ini juga memiliki jenis-jenis untuk memudahkan dalam klarifikasinya. Setidaknya semua perangkat keras yang ada, bisa termaasuk dalam kategori berikut ini:

Input Device

Perangkat keras yang pertama adalah input device. Dilihat dari namanya sobat pasti bisa memberikan dugaan, bahwa jenis hardware ini berfungsi memberikan masukan dalam komputerisasi.

Process Device

Nah setelah komputer menerima masukan dari perangkat. Data yang diterima selanjutnya diolah sesuai dengan kebutuhannya.

Output Device

Data yang sudah dioleh dilanjutkan dengan menampilkan hasilnya. Baik berupa suara, gambar, atau video. Perangkat ini menampilkan hasil dari data yang dimasukkan diawal tadi.

Storage Device

Sekarang data sudah diinput, diolah dan ditampilkan. Nah, selanjutnya data bisa disimpan untuk digunakan kemudian hari. Perangkat yang berfungsi untuk menyimpang ini tergolong dalam perangkat penyimpanan.

Peripheral Device

Perangkat yang satu ini biasanya tergolong dalam perangkat opsional atau tidak wajib. Apabila perangkat ini tidak ada dalam sebuah komputer, maka komputer tersebut masih bisa dijalankan sebagaimana mestinya. Contoh dari perangkat ini adalah modem.

Dengan bantuan modem, kita bisa terhubung internet dengan mudah. Perlu diketahui, bahwa modem juga memiliki kelebihan ringan sehingga mudah dibawa kemana saja.

Fungsi Hardware

Pengertian Hardware, Jenis, Fungsi, dan Cara Merawat

Baik di kesempatan kali ini, sobat akan mengetahui fungsi dari hardware yang sering dipakai. Mungkin sobat sering memakai komputer. Namun belum sadar dan mengerti komponen yang digunakan masuk dalam fungsi yang mana.

Secara umum, fungsi hardware dibedakan menjadi empat bagian. Simak penjelasan berikut ini untuk lebih lengkapnya.

Menerima Input

Hardware jenis ini dirancang khusus untuk menerima input dari data yang dimasukkkan oleh user. Informasi yang dimasukkan bisa berupa text, gambar, video, atau musik. Berikut ini adalah contoh hardware dalam input :

  • Mouse
  • Keyboard
  • Scanner
  • Joystick
  • Toucpad
  • Mouse Pen
  • Trackball
  • Microphone
  • WebCam

Mengolah Informasi

Informasi yang sudah masuk dalam komputer, selanjutnya diolah oleh hardware ini. Informasi tersebut diolah dengan processor, vga, ram, dan beberapa jenis perangkat pengolah lainnya.

  • CPU (Central Processing Unit)
  • VGA (Video Graphics Array)
  • RAM (Random Acces Memory)
  • Power Supply

Memberikan Output

Perangkat output merupakan perangkat yang menampilkan hasil dari data yang dimasukkan oleh user. Dengan bantuan perangkat ini, informasi bisa disajikan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya dalam bentuk text, gambar, video atau music. Contoh perangkat output adalah :

  • Monitor
  • Proyektor
  • Speaker
  • Proyektor LCD

Menyimpan Data

Perangkat terakhir dalam hardware adalah perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Setelah informasi melalaui proses input, process, dan ditampilkan dengan output sesuai kebutuhan. Kita bisa menyimpang hasil informasi tersebut baik secara online maupun offline.

Untuk penyimpanan online bisa dengan bantuan software google drive. Sedangkan penyimpanan data secara offline bisa menggunakan perangkat berikut :

  • Flashdisk
  • SSD
  • Hard Disk
  • Optical Disk

Cara Merawat Perangkat Keras

Pengertian Hardware, Jenis, Fungsi, dan Cara Merawat

Pada bagian ini, sobat akan belajar merawat perangkat keras dengan baik dan benar. Tujuan dari bab ini menjadikan sobat lebih mengerti mengenai pentingnya merawat dan teknik dalam melakukannya.

Dengan merawat komputer ini. sobat sangatlah menghemat biaya perbaikan atau mengganti jika perangkat rusak. Tips berikut sering dilakukan oleh orang-orang. Sehingga perangkat mereka lebih awet sampai bertahun-tahun.

  1.  Menjada aliran listrik tetap stabil dengan memanfaatkan Stabilizer dan UPS khusus komputer
  2. Menyalakan atau mematikan komputer sesuai prosedur, jangan langsung mencabut listrik saat komputer masih hidup
  3. Bersihkan perangkat secara berkala dengan kuas, mini vacum cleaner, atau lap halus
  4. Jauhkan monitor dengan perangkat penimbul magnet, karena bisa mengacau monitor dan merusak CPU
  5. Hindarkan komputer dari sinar matahari langsung
  6. Jauhkan laptop atau komputer dari air atau sejenisnya. Perangkat elektronik mudah terjadi konslet apabila terkena air
  7. Gunakan port USB, VGA atau LAN secara bijak. Perlu kehati-hatian dalam memasang atau melepasnya

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan mengenai pengetian hardware, fungsi, jenis, dan cara merawatnya. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan sobat dalam dunia teknologi.

Yuk berikan cara sobat dalam merawat komputer di kolom komentar 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *