Beranda Mobile Ampuh! 3 Cara Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Ampuh! 3 Cara Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus di Android

1.038 views
0

Cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android – Menghapus folder adalah cara yang paling ampuh untuk mengosongkan storage atau media penyimpanan kita yang sudah mulai penuh. Alih-alih untuk mengosongkan storage atau media penyimpanan seperti kartu memori atau penyimpanan internal, kalian bisa menghapus folder-folder atau file-file yang sudah tidak dibutuhkan lagi.Cara Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Namun, lain hal ketika folder atau file yang ingin dihapus terpaksa tidak bisa dihapus oleh kalian. Padahal folder atau file tersebutlah yang menurut kalian memakan banyak space di media penyimpanan kalian. Terkadang, memang ada folder atau file yang tidak bisa dihapus oleh kita dan hal ini tentu ada sebabnya.

Sebelum kalian masuk ke cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android, alangkah baiknya kalian perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab folder atau file tersebut tidak bisa dihapus.

Kenapa Folder atau File Tidak Bisa Dihapus ?

Tidak sembarang folder atau file bisa kita hapus sesuka hati kita ketika media penyimpanan kita mulai penuh dan membutuhkan banyak ruang. Tentu saja karena file tersebut bisa jadi akan memberikan kepada kita dampak negatif yang kita tidak pernah tau. Simak penjelasan sebab-sebab file atau folder tidak bisa dihapus di android dibawah ini.

Folder tidak memiliki izin untuk dihapus

Penyebab yang pertama adalah, folder tidak memiliki izin untuk bisa dihapus. Hal ini karena terdapat folder atau file yang jika dihapus, maka akan mengganggu kinerja pada ponsel, atau berakibat kerusakan yang fatal. Itu tadi kenapa kita tidak bisa sembarangan menghapus folder atau file walaupun media penyimpanan kita sudah penuh.

Baca Juga :   Ampuh!! 3 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Memory Card Android

Biasanya folder yang tidak bisa dihapus adalah folder yang ada di kartu memori yang berisi beberapa file backup. Oleh karena itu, file-file tersebut dilindungi oleh android agar tidak bisa dihapus.

Folder sedang digunakan

Jika penyebab pertama tadi adalah karena folder tersebut tidak memiliki izin. Penyebab kedua adalah karena folder tersebut sedang digunakan oleh kalian. Biasanya kalau kalian sedang memutar video atau melihat foto, folder ini tidak bisa dihapus, karena sedang kalian gunakan.

Folder yang tidak bisa dipahami

Terkadang, ada beberapa file atau folder yang memiliki nama gabungan dari angka dan huruf. Nah, file-file inilah yang menyebabkan sebuah folder tidak bisa dihapus di android, atau bisa jadi file atau folder ini mengandung sebuah virus sehingga tidak bisa kalian hapus dengan cara biasa.

Bagaimana cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android?

Setelah kalian mengetahui penyebab apa saja yang menyebabkan folder atau file tidak bisa dihapus di android, selanjutnya kita akan masuk ke bagian yang paling ditunggu-tunggu yaitu cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android. Cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android sebenarnya sangat mudah, kalian bisa melakukannya dengan aplikasi atau tanpa aplikasi sekalipun.

Berikut adalah cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android yang bisa kalian lakukan.

Tutup semua folder atau file

Jika folder atau file kalian tidak bisa dihapus di android adalah karena folder atau file tersebut sedang digunakan. Alangkah baiknya kalian tutup terlebih dahulu semua folder atau file tersebut, hentikan kegiatan aplikasi lain. Sebagai contoh kalian ingin menghapus sebuah video yang videonya masih kalian putar, atau kalian ingin menghapus foto yang fotonya sedang digunakan untuk upload ke browser.

Oleh karena itu, pastikan semua kegiatan aplikasi kalian sudah berhenti dan tidak ada lagi aplikasi yang menggunakan file atau folder yang ingin kalian hapus.

Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus di Android menggunakan aplikasi SD Card Cleaner

Setelah kalian sudah memastikan folder atau file tidak digunakan lagi, akan tapi folder atau file tersebut tetap tidak bisa dihapus tetap tenang dan jangan khawatir. Anda bisa menggunakan aplikasi SD Card Cleaner yang bisa kalian unduh di PlayStore, dengan aplikasi ini kalian masih bisa menghapus folder atau file yang kalian inginkan.

Baca Juga :   √ 4 Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Connect di Android [+ Tips Bobol Password Wifi]

Berikut adalah cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android menggunakan aplikasi SD Card Cleaner.

  1. Pertama, kalian download dan install terlebih dahulu aplikasi tersebut di playstore atau bisa juga klik link berikut.
  2. Selanjutnya ketika sudah selesai instalasi, buka aplikasi tersebut dan klik Start
  3. Kemudian, tunggu hingga proses analisa file dan folder selesai.
  4. Jika sudah muncul pilihan folder-folder, kalian bisa pilih folder mana yang kalian inginkan, lalu hapus file-file di dalam folder tersebut.
  5. Jika sudah selesai memilih kalian tekan tombol Delete.
  6. Nanti akan muncul konfirmasi apakah kalian ingin menghapus file tersebut, tekan Yes saja.
  7. Jika muncul perizinan untuk menghapus file, tekan Oke saja.
  8. Selesai, sekarang memori kalian sudah mulai berkurang space nya.

Menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android menggunakan aplikasi bawaan

Jika kalian tidak bisa ingin atau tidak bisa mendownload aplikasi lagi, kalian bisa memanfaatkan aplikasi bawaan dari ponsel kalian yang sudah ada. Kalian hanya perlu masuk ke pengaturan di ponsel kalian untuk menghapus folder atau file yang tidak bisa dihapus di android.

Langkah-langkah ini dibuat pada ponsel yang menggunakan tampilan android murni atau biasa disebut Android One. Jika kalian menggunakan MIUI, FunTouch OS, Oxygen OS, EMUI dan yang lainnya, sesuaikan saja pada ponsel kalian.

  1. Pertama, kalian hanya perlu masuk ke pengaturan lalu masuk ke Storage atau Penyimpanan.
  2. Setelah itu akan ditampilkan informasi tentang berapa kapasitas yang tersisa dan digunakan untuk apa saja media penyimpanan kalian.
  3. Lalu klik tombol Kosongkan Ruang.
  4. Kemudian, kalian akan diarahkan ke aplikasi bawaan android yaitu Files Go.
  5. Kamu akan diminta konfirmasi untuk mengosongkan media penyimpanan kalian.
  6. Kalian hanya perlu menekan Konfirmasi dan Kosongkan Ruang lalu Hapus.
  7. Tunggu hingga proses nya selesai.
  8. Jika file atau folder memiliki ukuran yang besar, bisa jadi proses penghapusan akan berjalan lebih lama.
  9. Jika sudah selesai kalian bisa lihat media penyimpanan kalian menjadi lebih banyak space kosong.
Baca Juga :   3 Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Menghubungkan ponsel ke laptop

Cara selanjutnya adalah dengan menghubungkan ponsel kalian ke laptop atau komputer kalian. Jika kalian mengalami masalah folder tidak memiliki izin untuk dihapus. Maka, cara yang satu ini menjadi cara yang paling ampuh untuk kalian lakukan. Kamu hanya perlu mengubah izin dari folder atau file yang ada di ponsel kalian agar kalian bisa menghapus file atau folder tersebut.

Selanjutnya kalian bisa mengikuti cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android dengan menghubungkan ponsel ke laptop dibawah ini.

  1. Pertama, kalian harus menghubungkan ponsel kalian ke laptop atau komputer kalian terlebih dahulu.
  2. Setelah itu kalian masuk ke folder ponsel kalian.
  3. Klik kanan pada folder yang ingin kalian hapus pada ponsel kalian, lalu pilih Properties.
  4. Anda hanya perlu mengubah attribute read-only menjadi read write.
  5. Karena biasanya nya file normal yang dapat dihapus akan memiliki attribute read write.
  6. Jika sudah dirubah, cobalah untuk menghapus folder atau file tersebut kembali.

 

 Akhir Kata

Demikian cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android yang bisa kalian coba pada ponsel kalian. Jika folder atau file kalian terinfeksi virus sehingga tidak bisa dihapus kalian bisa mem backup terlebih dahulu kartu memori kalian atau data-data kalian yang ada di media penyimpanan. Lalu lakukan reset ulang agar file atau folder tersebut terhapus.

Muncul nya folder atau file yang tidak bisa dihapus di android yang disebabkan oleh virus, bisa jadi karena kalian pernah mendownload sebuah file dari situs yang tidak memiliki keamanan. Oleh karena itu, kalian harus selalu berhati-hati jika kalian tidak mau folder atau file kalian terkena virus, sehingga tidak bisa dihapus di kemudian hari.